Tips and Trick Windows Server 2012 R2

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum, kali saya akan memberikan sedikit tips dan trik, untuk hal-hal yang berhubungan dengan Windows Server 2012. Kali ini saya akan mencontohkannya dengan menggunakan virtualbox, tapi tenang saja, trik ini akan cukup mudah diikuti di real device sekalipun.


Mengubah Windows Server (Core) CLI menjadi GUI

Salah satu kelebihan windows server 2012 dibanding dengan terdahulunya adalah kita bisa mengubah instalasinya menjadi sesuai dengan yang kita inginkan, entah itu CLI -> GUI ataupun GUI -> CLI. Hal ini dimungkinkan selama semua pilihan instalasi tersebut terdapat dalam satu ISO yang kita gunakan dari awal.

1. Jalankan Windows servernya.

Untuk anda yang menggunakan virtualbox, setting ukuran RAM yang akan anda gunakan.
#Contoh :
Jika sebelumnya anda memberikan kapasitas RAM 500 - 1 GB untuk CLI, maka sekarang tambahkan menjadi 1,5 GB - seterusnya untuk GUI. Ini dimaksudkan untuk mempercepat dan memperlancar proses penginstallan dan penggunaan dari windows server GUI.

2. Buat direktori(folder) mountdir pada local disk (C:).
Buatlah dengan perintah mkdir mountdir, jika anda sudah berada di local disk (C:). Namun, jika anda berada di dalam sebuah folder(direktori), anda bisa menggunakan perintah mkdir C:/mountdir. Dan untuk mengeceknya anda bisa masuk ke disk (C:), setelah itu gunakan perintah dir.
ATAU

3. Masukkan ISO windows server yang ada pilihan installasi GUInya. Kalau real device, masukkan CD yang berisi ISO windows server tersebut.

4. Cek/lihat pilihan yang ada atau dapat diinstall dalam ISO tersebut. Anda bisa menggunakan perintah Dism /get-wiminfo /wimfile:D:\sources\install.wim.

5. Sekarang coba mount salah satu pilihan yang ada. Gunakan perintah Dism /mount-wim /wimfile:D:\sources\install.wim /index:2 /MountDir:C:\mountdir /readonly.
#Ket : index:2 dalam perintah maksudnya adalah kita mount pilihan index 2

6. Setelah itu, jalankan perintah powershell

7. Kemudian lakukan penginstallan dengan menggunakan perintah Install-WindowsFeature Server-Gui-Mgmt-Infra,Server-Gui-Shell -Restart -Source C:\mountdir\Windows\WinSxS.

Tunggu sampai proses loadingnya selesai dan merestart.

8. Dan inilah tampilan Desktop dari Windows Server GUI yang telah terinstall.
Dengan begitu, berarti anda telah berhasil mengubah windows server CLI menjadi GUI.

Mengubah Windows Server GUI menjadi CLI(Core)

Setelah anda berhasil mengubah CLI ke GUI, sekarang kita coba sebaliknya.

1. Jalankan Windows Server anda.

2. Buka Server Manager

3. Kemudian klik Manage > Remove Roles and Features

4. Ikuti saja prosesnya dengan mengklik next.

5. sampai di Features, uncheck/uncentang User Interface dan Infrastructure. Kemudian saat di Confirmation, centang bagian Restart the destination server automatically . . . 
Supaya server merestart secara auto saat proses loading selesai.

6. Klik Remove, kemudian tunggu sampai proses loading selesai dan merestart.

7. Dan inilah tampilan windows server CLI(Core).

Dengan begitu, anda telah berhasil menjadikan windows server GUI ke CLI.

Menjalankan ke Task Manager di Windows Server CLI

Walaupun sudah berbasis CLI, windows tetaplah windows yang terkenal dengan GUInya. Begitu pula Windows Server, walaupun sudah berbasis text, namun tetap saja, masih terdapat unsur GUI didalamnya, salah satu contohnya adalah Task Manager.
Buat anda yang belum tahu, task manager adalah sebuah software bawaan windows yang berguna untuk melihat/mengecek keadaan PC, dari software sampai hardware. Dan software ini berbasis GUI.

Untuk menjalankan Task Manager di windows server CLI(Core), anda bisa menggunakan kombinasi tombol pada keyboard yaitu, CTRL + Shift + ESC.
Dan inilah yang akan muncul. Untuk melihat secara lengkap, silahkan klik More details.

Menjalankan KEMBALI, CMD di Windows Server CLI, Apabila ke-Close

Apabila anda melihat di CMD windows server, terdapat tanda X yang digunakan untuk keluar dari CMD tersebut. Namun jika di bayangkan, windows server CLI, kemudian CMDnya di close, maka seperti inilah tampilan layarnya.

Kosong, tidak ada apa-apa, mungkin hanya ada kursor sebagai hiasan. Jika sudah seperti ini, maka apa yang akan di konfigurasi di servernya? Apakah harus menginstall ulang windows servernya, supaya CMD ada kembali? hanya karena tidak sengaja menekan sebuah tombol Close?
Tenang saja, anda tidak perlu sampai menginstall ulang windows servernya, hanya supaya CMDnya ada kembali.

Untuk memunculkan CMDnya kembali, anda hanya perlu membuka Task Manager, kemudian pilih File > Run new task

Kemudian ketikkan cmd

Dan CMDnya pun kembali^^.

Sekian dari saya, mohon kritik dan sarannya
Wassalamu'alaikum

1 komentar:

  1. Are you looking to get cash from your traffic via popup advertisments?
    In case you do, did you know about PropellerAds?

    BalasHapus

Silahkan Komentarnya ^^