Backup and Restore Specific Folder

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang melakukan Backup dan Restore Spesifik Folder pada windows server 2012. Jadi, jika pada postingan sebelumnya saya melakukan Backup secara keseluruhan atau full, sekarang saya akan mencoba untuk melakukan backup pada folder tertentu saja.

Tutorial

1. Pertama kita buka Windows Server Backup nya, lalu ke bagian local Backup lalu pada Actions pilih backup once ...
Server Manager > Tools > Windows Server Backup > Local Backup > Actions > Backup Once

2. Sekarang pada Backup options, pilih saja Differents options, karena kita belum atau tidak membuat jadwal untuk membackup. Tapi jika anda sudah membuat jadwal membackup, anda bisa menggunakan Scheduled backup options
Different options > Next

3. Karena kita membackup spesifik folder atau folder tertentu, kita pilih yang custom
Select Backup Configuration > Custom > Next

4. Dan inilah tempat pemilihan folder yang akan kita backup, dan saya akan mencoba untuk membackup folder FTP yang sudah saya buat sebelumnya
Add items > FTP > OK > Next

5. Untuk tujuan membackup nya, saya pilih remote shared folder, karena saya sudah membuatnya sebelumnya. Jika anda tidak mau, anda bisa memilih local drives untuk tujuan membackup nya
Remote shared folder > Next

6. Location, isi dengan lokasi shared folder yang sudah anda buat sebelumnya
Location > Next

OK

7. Confirmation, langsung saja backup
Confirmation > Backup

8. Dan proses backup pun berlangsung
Loading

9. Dan jika selesai maka statusnya akan Completed
Completed
#Ket :
Kenapa datanya 0KB ?
Karena folder yang saya backup ini, tidak ada isinya ^^ hehehe

Verify

Dan anda bisa mengeceknya dengan mencari folder WindowsImageBackup, karena pada folder tersebutlah data backup anda berada
WindowsImageBackup
#Ket :
Sesuai namanya, windows backup ini menjadikan data anda menjadi bentuk image(ISO), jadi jika anda buka folder tersebut, anda tidak akan menemukan data anda dalam bentuk yang semestinya

Atau bisa juga melihatnya pada local backup anda
Backup = Successful

Restore

1. Untuk restore, pilih "recover"
Server Manager > Tools > Windows Server Backup > Local Backup > Actions > Recover

2. Selanjutnya akan muncul window baru, dan pada awalan pilih "a backup stored on another location", ini maksudnya adalah memilih destinasi file backup nya yang ada di lokasi lain
A backup stored on another location > Next

3. Karena tadi memilih other stored, selanjutnya pilih "remote shared folder"
Remote shared folder > Next

4. Dan selanjutnya pilih lokasi nya
\\WISNU-KHOLID\Buat-Backup > Next

5. Dan selanjutnya pilih backup datenya
Next

6. dan pilih "files and folders"
File and folders > Next

7. dan pilih file/folder yang akan di restore
Choose > Next

8. Selanjutnya masukkan destinasi file nya akan di letakkan dimana, sebagai contoh nanti saya akan merestore di disk C:\. Dan saya memilih Overwrite ... karena saya hanya ingin terdapat satu folder FTP pada server saya
Browse > C:\ > Overwrite . . . > Next

9. disini pilih "recover"
Recover

10. Dan inilah hasilnya saat berhasil
Completed

11. dan nanti akan muncul activity kalau restore berhasil
Successful

Verify

Saat kita cek pada servernya
Done!

Sekian dari saya, mohon kritik dan sarannya
Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya ^^