Monitoring Windows Server 2012 R2

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum, kali ini saya akan berbagi ilmu lagi tentang memonitoring Windows Server 2012 R2. Monitoring ini berguna untuk memantau sebuah server, dari segi manapun, entah kinerja hardware, konektifitas, beberapa service, lalu lintas & proses data, dll. Jadi, jangan meremehkan fungsi ini walaupun sederhana, karena sesungguhnya ini sangat besar manfaatnya.

1. Task Manager

Salah satu aplikasi atau software bawaan windows yang bisa kita gunakan atau memang ditujukan untuk monitoring adalah task manager. Dengan tampilan GUI nya yang sudah di perbaharui dari versi sebelumnya, task manager cukup menjanjikan untuk melakukan monitoring. Karena pada task manager terpampang jelas semua tools nya dari  mulai kecepatan bandwith, kinerja prosessor dan lain-lain.

1. Untuk menjalankan task manager, anda hanya perlu klik kanan pada taskbar lalu pilih Task Manager
(right click) taskbar > Task Manager

2. Dan inilah tampilan task manager (pada menu Processes). Pada tampilan ini kita bisa melihat berapa persen CPU (prosesor) dan Memory (RAM) yang terpakai
Task Manager > Processes

3. Pada menu prosesses ini, task manager menampilkan semua proses (aplikasi, OS, fitur, dll) yang sedang berjalan. Kita bisa melihat CPU dan Memory yang digunakan pada setiap prosesnya.
Task Manager > Monitoring an Application

4. Pada menu performance ini, kita bisa melihat kinerja dari hardware yang ada pada server kita, bisa dilihat bahwa ada CPU, Memory, dan Ethernet. Disini kita bisa memantau hardware kita dengan diagram yang terus berjalan real time. Dalam diagram tersebut kita bisa melihat berapa persen resource hardware kita terpakai, kita juga bisa melihat kecepatannya (Speed), berapa lama dia berjalan (Up time), dan lain-lainnya.
Task Manager > Performance > CPU

5. Dan ini jika kita pindahkan untuk memantau Memory nya, memantau hardware ini berbeda-beda yang ditampilkannya, karena memang tidak setiap hardware ini sama kegunaannya. Contoh saja pada CPU tadi ada proses yang sedang berjalan, sedangkan pada Memory ini tidak ada, yang ada berapa banyak yang digunakan dan berapa banyak sisanya (yang tersedia)
Task Manager > Performance > Memory

6. Dan ini tampilan pada Ethernet, tidak ada yang berjalan karena memang tidak digunakan oleh saya. Sekarang kita coba klik Open Resource Monitor untuk melihat versi expert dari task manager ini
Task Manager > Performance > Ethernet

7. Disini kita bisa melihat lebih detail semua kinerja hardware Server kita. Dan hardware yang kita monitoring juga lebih lengkap dari pada di task manager.
Task Manager > Performance > Open Resource Monitor


2. Performance Monitor

Sekarang kita pake salah satu software bawaan windows server 2012 yaitu performance monitor, dari namanya saja kita tahu bahwa software ini memang ditujukan untuk memonitoring server. Secara ke seluruhan aplikasi Performance monitor ini hampir mirip dengan aplikasi task manager, tetapi pada performance monitor ini di buat lebih lengkap dan lebih rinci lagi.

1. Untuk menggunakannya, kita bisa ke Server Manager lalu klik Tools lalu pilih Performance Monitor
Server Manager > Tools > Performance Monitor

2. Inilah tampilan awal Performance Monitor, disini berisi hal hal yang umum, kenapa saya sebut begitu, karena isinya tentang aplikasi tersebut, dan juga spesifikasi singkat dari server yang kita gunakan

Performance Monitor > First look

3. Sekarang kita klik Performance Monitor, dan kita akan melihat kinerja prosesor, kita bisa menambahkan kinerja hardware lain kedalam layar yang sama dengan cara klik tanda tambah
Performance Monitor > +

4. Dan inilah tutor yang saya buat pada gambar, anda bisa melihatnya untuk mengertikannya
Choose your Server > Adding Counters

5. Dan inilah yang mau saya monitoring bersamaan
Selesai > OK

6. Dan inilah hasilnya, beragam warna dalam satu diagram
Result

3. Event Viewer

Satu lagi software bawaan windows server 2012 untuk monitoring yaitu event viewer. Berbeda dengan aplikasi monitoring sebelumnya, Event Viewer ini menunjukkan status dari sebuah service apakah berjalan dengan baik atau error.

1. Untuk menggunakannya kita harus ke Server Manager lagi lalu klik Tools lalu pilih Event Viewer
Server Manager > Tools > Event Viewer


2. Dan inilah tampilan awalnya, yang berisi status secara keseluruhan yang umum dan ringkasannya
Event Viewer > Overview & Summary

3. Dan seperti yang saya bilang sebelumnya, berisikan error dan sebagainya. Untuk detailnya cukup diklik saja dan nantinya akan muncul penjelasannya seperti pada gambar
Administrative Events

4. Dan ini tampilan untuk memonitoring system dari server kita
System

5. Sekarang coba kita set supaya system ini hanya menampilkan yang critical dan warningnya saja, caranya klik kanan System lalu pilih Filter Current Log...
(right click) System > Filter Current Log...

6. Dan inilah tampilan yg akan muncul. Sesuai dengan yang kita ingin lakukan tadi, pilih yang critical dan warning lalu OK (kalau anda mau pilih yang lain juga tidak apa)
Filter Current Log > Critical & Warning > OK

7. Dan inilah hasilnya
Result

Sekian dari saya, mohon kritik dan sarannya
Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya ^^