Membuat Database Sederhana dengan MySQL (Part 2) : Biodata Diri

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum, kali ini saya akan berbagi ilmu, tentang membuat database yang berisi biodata diri seseorang pada Windows Server 2012. Sebenarnya ini adalah materi lanjutan dari postingan saya sebelumnya. Tapi, saya akan ulas ulang sedikitlah.

?Apa itu database?
Database adalah sebuah program sekaligus fitur yang menyediakan layanan data untuk sambungan komputer lainnya. Dengan di buatkan sebuah database, kita bisa melakukan penyimpanan data pada satu lokasi saja (jadi, data tidak tersebar dan mempermudah dalam management), dan juga dari segi kemanan, data menjadi lebih aman karena database server mempunyai fitur-fitur keamanan yang lebih canggih.

Tutorial

.1 Pertama kita login ke MySQL (software yang saya digunakan untuk membuat database di windows server),
Log in

2. Selanjutnya kita buat database baru dengan menggunakan perintah create database, lalu cek dengan show database;
create database biodata_wisnu; > show database;

3. Selanjutnya, kita akan mengisi database yang tadi kita buat, sebelumnya kita harus menggunakan databasenya (yang tadi kita buat) terlebih dahulu dengan menggunakan perintah use untuk dapat mengisinya.

4. Lalu kita akan mengisikannya dengan menggunakan tabel. Tabel inilah yang nantinya akan diisikan dengan biodata diri seseorang. Buat tabel dengan menggunakan perintah create table.

Untuk kerangkanya, masukkan saja :
(no mediumint not null auto_increment,data varchar(200) not null,keterangan varchar(400) not null,prymary key (no));

#Ket :
Auto Increment adalah untuk  tipe data numerik (karena disini saya menggunakannya agar penomoran di biodatanya berurutan).

5. Setelahnya kita cek tabel yang tadi dengan perintah desc
use biodata_wisnu > create table > desc biodata_wisnu

6. Sekarang kita masukkan data tentang biodatanya kedalam tabel tersebut, untuk memasukkannya gunakan saja perintah insert into .... values .....

7. Sebenarnya, saya tidak ingin panjang lebar dalam penjelasan, karena pada gambar saya sudah buat untuk cukup mudah dimengerti dengan menggunakan pewarnaan sederhana
insert into biodata_wisnu (no,data,keterangan) values ('1','Nama','Wisnu_Kholid_Haedar')

Verify

Setelah selesai, sekarang kita cek dengan menggunakan perintah select * from 
select * from biodata_wisnu;

Sekian dari saya, mohon kritik dan sarannya
Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya ^^